Jumat, 10 Oktober 2014


Computer System TIK (Assignment)
Impact Printer
Printer Dot-Matrix

Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam.
2. Daisy Wheel Printer adalah piringan yang terbuat dari plastik atau logam dimana pada setiap ujung dari piringan ini terdapat karakter-karakter. Untuk mencetak  karakter, printer memutar piringan sampai huruf yang diinginkan berhadapan  tepat dengan kertas. Dan palu langsung menghantam piringan, memaksa karakter  untuk menekan tinta, dan meninggalkan bekas tinta dikertas.

3. Band Printer adalah alat pencetak yang cara mengoperasikannya sama dengan  Chain Printer, tetapi menggunakan pita besi (steel band) yang berisi kumpulan pola karakter.


4. Chain Printer merupakan printer yang menggunakan rantai yang berisi karakter- karakter untuk membentuk hasil cetakannya. Rantai tersebut akan berputar  secara horizontal dan setelah tepat pada posisi pencetakan, palu pemukul akan  mengetuk pola karakter di rantai melalui karbon,dari bentuk karakter akan tercetak di kertas. 

5. Thimble Printer merupakan Letter Quality printer menggunakan elemen berbentuk  thimble yang terdiri dari batangan plastik yang diatur melingkar seperti daisy wheel  tetapi batangan tersebut dibengkokkan. Pola dari karakter ada di ujung batangan plastik tersebut. 

6.Drum Printer merupakan printer yang kumpulan karakternya diletakkan pada permukaan luar suatu drum metal. Tiap-tiap posisi kolom pencetakan terdapat satu  lingkaran kumpulan karakter di drum. Proses pencetakan karakter dilakukan dengan  memutar drum sampai pada bentuk karakter yang diinginkan dan suatu palu pemukul  akan mengetuk karakter tersebut. 


Non Impact Printer
1.Thermal Printer adalah printer yang sangat berbeda dari printer inkjet normal atau bahkan printer laser. Sama seperti namanya, thermal printer menggunakan panas  untuk mencetak di atas kertas, bukan cartridge tinta yang biasa digunakan oleh printer  jenis lainnya. Dengan teknologi ini, membuat thermal printer tidak bising (malahan beberapa jenis tidak mengeluarkan suara).


2. Inkjet Printer merupakanjenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. Hasil cetakan yang dihasilkan oleh jenis printer Ink jet ini lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot matrix. Jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilkan hasil cetakan warna.


3. Electrostatic Printer menggunakan kepala cetak yang berisi jarum-jarum besi yang diberi aliran listrik. Cara kerja Electrostatic printer samad engan thermal printer, kecuali kertas yang digunakan adalah kertas khusus yang dilapisi dengan alumunium oksida. Electrostatic printer juga tidak dapat mencetak bentuk yang berwarna-warna.

4. Thermal Transfer Printer merupakan printer teknologi panas (thermal) yang terbaru dan dapat mencetak dalam bentuk warna-warna. Thermal transfer printer menggunakan kepala cetak yang dipanasi dan suatu karbon yang mengandung partikel-partikel tinta yang dilekatkan pada lilin. Jika  lilin ini meleleh partikel tinta akan terlepas dan melekat di kertas

        5. Laser Printer tipe ini merupakan gabungan antara teknologi xerographic yang  ditemukan pada fotokopi dengan teknologi laser. Dengan sistem ini, output digital komputer akan diubah menjadi pulsa sinar laser dan ditembakkan ke suatu drum yang pekaterhadapsinar laser. Bayangan yang ditangkapdalam drum akan dikirim ke kertas  dengan proses seperti mesin fotokopi. Printer Laser membentuk karakter dalam bentuk titik-titik yang sangat kecil dan rapat, sehingga menghasilkan kualitas karakter yang baik

Printer sendiri pun dapat digolongkan menjadi beberapa jenis berdasarkan hasil cetaknya, antara lain: 

  1. Serial Printer adalah printer yang mencetak satu karakter pada suatu waktu dalam urutan di mana mereka muncul dalam baris teks. Urutan dapat dimulai dari kiri ke kanan atapun sebaliknya. 
  1. Line Printer adalah printer yang terdiri dari rantai karakter atau pin yang mencetak keseluruhan baris pada satu waktu. Printer inisangat cepat tetapi dengan kualitas yang rendah. 
  1. Page Printer adalah printer yang dapat mencetak seluruh halaman dalam satu waktu. 
Intelligent Printer Controller adalah alat yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dengan sebuah atau beberapa printer, sehingga sebuah printer dapat dipergunakan bersama-sama secara otomatis atau dapat dipindahkan antara printer satu dengan printer lain. 

  • Video Display 
Video Display atau Display Device adalah perangkat elektronik yang memberikan informasi dalam bentuk visual. Ada beberapa jenis video display, antara lain: 

  1. Alphanumeric Display adalah jenis layar yang dapat menampilkan huruf atau angka dan dapat di aktif - non aktifkan. 
  1.       Graphic Display merupakan program komputer yang dirancang khusus untuk menampilkan informasi di layar monitor secara grafis. 
  1. Monochrome Display merupakan jenis monitor yang digunakan di era awal, sebelum komputer warna menjadi populer. 
  1. Color Display adalah monitor yang dapat menampilkan banyak warna. 
  1. Computer Display Projector adalah alat yang memproyeksikan gambar ke permukaan, biasanya ke papan tulis atau layar proyeksi
   6.  LCD adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama.           LCD sudah digunakan di berbagai bidang misalnya dalam alat-                                                                 alat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer. Kini LCD mendominasi jenis                 tampilan untuk komputer meja maupun notebook karena membutuhkan daya listrik yang rendah,           bentuknya tipis, mengeluarkan sedikit panas, dan memiliki resolusi tinggi. 
   7. LED adalah adalah suatu semikonduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang                     tidak koheren ketika diberi tegangan maju. 

   8. Blu Ray adalah sebuah format cakram optik untuk penyimpanan media digital termasuk video            definisi tinggi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar