Senin, 29 September 2014

Ngapain Kuliah Sastra Inggris?



"Ngapain kuliah Bahasa Inggris? Mending kamu ambil kursus Bahasa Inggris."

Demikian kata seseorang kepada orang yang dikasihsayanginya.

"Bukan kuliah Bahasa Inggris, tapi Sastra Inggris."

"Iya, pokoknya itu. Untuk apa sih? Tidak ada tantangannya sama sekali."

Tak sedikit bagi calon mahasiswa yang kebingungan atau menemui lontaran pertanyaan dan pernyataan seperti di atas. Di sini, saya ingin memberikan kalian gambaran seperti apa sih kuliah di Sastra Inggris dan bagi kalian yang sempat meremehkan jurusan ini, tepat sekali jika kalian harus membaca tulisan saya satu ini.

Di Sastra Inggris, yang dipelajari bukan hanya Bahasa Inggris (meski bahasa ini juga fardhu 'ain di kuliah Sastra Inggris). Di Sastra Inggris Universitas Gunadarma yang merupakan salah satu kampus yang mendapat predikat kampus terbaik di Indonesia di jurusan Sastra Inggris.

Jadi di Sastra Inggris kita mempelajari budaya negara asing (America, Inggris, dsb) kemudian diajari banyak hal mengenai politiknya, bisnis internasionalnya, dan hal-hal yang berbau internasional. Sementara kita kan dipersiapkan untuk bisa menjadi orang Indonesia yang bisa menguasai kemampuan bahasa asing, menghadapi persaingan global.

Kemudian kita juga mempelajari tentang kepenulisan (literasi) untuk media, maupun untuk karya-karya sastra. Jadi dari sini kita berpeluang untuk bekerja di bidang media massa baik cetak, online maupun elektronik seperti televisi, radio, dll. Banyak lho lulusan sastra yang kerja ke bidang ini.. beruntung lagi kalau bisa nembus media yang levelnya internasional atau asing macam Aljazeera, AFP, CNN, BBC, dll.

Cukup hanya itu?

Tentu tidak!

Di Sastra Inggris, kalian juga akan mendapatkan hal-hal yang beraroma kreatif akan diberi materi mengenai creative writing di mana di dalamnya ada mengenai copywriting di mana itu biasanya masuk di bidang periklanan (advertising). Mempelajari apa sih copywriting itu? Kalian kalau belum tahu bisa baca-baca disini. Ini salah satu pilihan kerjaan saya nanti. Bisa mengalihkan emosi karena dulu mau masuk DKV (Design Komunikasi Visual) tapi karena satu dan lain hal tidak lanjut. Maka saya pikir lewat sastra inggris pun saya mungkin masih bisa menjadi copywriter di media atau agensi periklanan.

Mau jadi dosen?

Bisa. Itu wajar sekali

Kalian pun bisa menjadi apapun di perusahaan yang membutuhkan kemampuan berbahasa asing. Saya mempunyai teman yang teman sekantornya lulusan sastra Inggris UI. Ia kerja di bidang Public Relation (PR) sebagai penerjemah rilis produk. Seru bukan?

Selain itu kalian juga bisa penerjemah lepas.Apalagi kalau udah dipercaya nerjemahin karya luar negeri, yang setaraf Lord of The Ring atau Harry Potter! Wuiih.. bayarannya ajib! Pekerjaan satu ini cukup nyantai lho.. tinggal di rumah dan meluangkan waktu anda untuk menerjemah. Tentu kalau sudah mahir berbahasa ini tentu tak begitu susah. Intinya, kita sudah disuruh pintar, dibayar lagi hehe.

Anda juga bisa menjadi tour- guide atau di lembaga-lembaga kebudayaan dan pariwisata lainnya. Ini pekerjaan yang mengasyikkan, lho!

Trus apalagi ya?

Masih banyak lapangan pekerjaan yang membutuhkan lulusan Sastra Inggris. Absolutely, belajarlah yang serius meski tak hanya kuliah only, tapi juga organisasi untuk mengasah soft skill dan public speaking, juga relasi.

Ingat, keluwesan kita bergaul dan kerja dalam tim (organisasi) sangat dibutuhkan ketika terjun ke dunia nyata yang bernama kerja.

Tetap semangat!


Zikri Daulay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar